Jumat, 08 Maret 2013

FILOSOFI WARNA DAN PRINSIP DESIGN GRAFIS

MERAH

Power, energi, kehangatan, cinta, nafsu, agresi, bahaya.

Warna Merah kadang berubah arti jika dikombinasikan dengan warna lain. Merah dikombinakan dengan Hijau, maka akan menjadi simbol Natal. Merah jika dikombinasikan denga Putih, akan mempunyai arti 'bahagia' di budaya Oriental.



BIRU

Kepercayaan, Konservatif, Keamanan, Tehnologi, Kebersihan, Keteraturan.

Banyak digunakan sebagai warna pada logo Bank di Amerika Serikat untuk memberikan kesan 'kepercayaan'.



HIJAU

Alami, Sehat, Keberuntungan, Pembaharuan.

Warna Hijau tidak terlalu 'sukses' untuk ukuran Global. Di Cina dan Perancis, kemasan dengan warna Hijau tidak begitu mendapat sambutan. Tetapi di Timur Tengah, warna Hijau sangat disukai.



KUNING

Optimis, Harapan, Filosofi, Ketidak jujuran, Pengecut (untuk budaya Barat), pengkhianatan.

Kuning adalah warna keramat dalam agama Hindu.



UNGU

Spiritual, Misteri, Kebangsawanan, Transformasi, Kekasaran, Keangkuhan.

Warna Ungu sangat jarang ditemui di alam.



COKLAT

Energy, Keseimbangan, Kehangatan.

Menekankan sebuah produk yang tidak mahal.

Tanah/Bumi, Reliability, Comfort, Daya Tahan.

Kemasan makanan di Amerika sering memakai warna Coklat dan sangat sukses, tetapi di Kolumbia, warna Coklat untuk kemasan kurang begitu membawa hasil.



ABU-ABU

Intelek, Masa Depan (kayak warna Milenium), Kesederhanaan, Kesedihan.

Warna Abu abu adalah warna yang paling gampang/mudah dilihat oleh mata.



HITAM

Power, Seksualitas, Kecanggihan, Kematian, Misteri, Ketakutan, Kesedihan, Keanggunan.

Melambangkan kematian dan kesedihan di budaya Barat. Sebagai warna Kemasan, Hitam melambangakan Keanggunan (Elegance), Kemakmuran (Wealth) dan Kecanggihan (Sopiscated).



Prinsip Design grafis

Prinsip-prinsip desain membantu menentukan bagaimana menggunakan elemen desain. Ada empat prinsip desain: keseimbangan, penekanan, irama, dan kesatuan. Prinsip-prinsip desain membantu anda untuk menggabungkan berbagai elemen desain ke dalam tata letak yang baik.